Thursday, November 17, 2011

SEPATU UNTUK PENDERITA CTEV

untuk perempuan Rp.550.000,-
untuk laki-laki Rp.500.000,-










SEKILAS TENTANG CTEV
bentuk kaki CTEV pada bayi
CTEV atau juga disebut Clubfoot merupakan perubahan betuk pada kaki yang yang tidak normal yang sering terjadi pada anak-anak, biasanya bisa diketahui langsung setelah bayi lahir. Perubahan bentuk  tersebut berupa fleksi-inversi dan adduksi pergelangan kaki dan kaki.
Frekuensi clubfoot dari populasi umum adalah 1 : 700 sampai 1 : 1000 kelahiran hidup dimana anak laki-laki dua kali lebih sering daripada perempuan. Berdasarkan data, 35% terjadi pada kembar monozigot dan hanya 3% pada kembar dizigot. Ini menunjukkan adanya peranan faktor genetika
CTEV merupakan kelainan kongenital kaki yang paling penting karena mudah mendiagnosisnya tetapi sulit mengkoreksinya secara sempurna, meskipun oleh ortopedis yang berpengalaman. Derajat beratnya deformitas dapat ringan, sedang atau berat, tergantung fleksibilitas atau adanya resistensi terhadap koreksi. CTEV harus dibedakan dengan postural clubfoot atau posisional equinovarus dimana pada CTEV bersifat rigid, menimbulkan deformitas yang menetap bila tidak dikoreksi segera.
Penatalaksanaan CTEV bertujuan untuk mencegah terjadinya disabilitas sehingga penderita dapat melakukan aktifitas secara normal baik ketika anak-anak maupun setelah tumbuh dewasa. Penatalaksanaan CTEV harus dapat dilakukan sedini mungkin, minimal pada beberapa hari setelah lahir, meliputi koreksi pasif, mempertahankan koreksi untuk jangka panjang dan pengawasan sampai akhir pertumbuhan anak. 
bentuk kaki CTEV pada anak-anak
Pada beberapa kasus diperlukan tindakan pembedahan. Penatalaksanaan rehabilitasi medis pada penderita CTEV sangat penting dalam hal mencegah terjadinya disabilitas secara dini maupun setelah dilakukan tindakan koreksi secara operatif.
Beberapa dari deformitas kaki termasuk deformitas ankle disebut dengan talipes yang berasal dari kata talus (yang artinya ankle) dan pes (yang berarti kaki). Deformitas kaki dan ankle dipilah tergantung dari posisi kelainan ankle dan kaki.

FISIOTERAPI PADA CTEV
Lakukan penguluran pada pergelangan kaki dan kaki secara rutin. Bentuk pengulurannya yaitu tekuklah pergelangan kaki ke atas dan diputar keluar perlahan-lahan jika pergelangan kaki tersebut sudah mulai mengalami kekakuan. Lakukan secara terus menerus tiap pagi,siang dan malam. Jangan lupa dipasang dennis brawn’s splint untuk yang masih bayi, dan jika sudah berumur lebih dari 7 bulan pakaikan sepatu CTEV.

No comments:

Post a Comment